Pertemuan 1 PPMPPK

 

PPMPPK, apa itu? PPMPPK adalah akronim dari Pengembangan Program Model Penyelenggaran Pendidikan Keluarga. Sejak akhir TP11, Semi Palar diajak untuk terlibat untuk pengembangan model keterlibatan orangtua dalam proses pendidikan anak di sekolah. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah – sejak diwujudkannya Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan DIKMAS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai cerminan paradigma yang diyakini pemerintah bahwa tugas pendidikan, pertama-tama dan terutama adalah tanggung jawab orangtua. Masyarakat termasuk di dalamnya satuan pendidikan (sekolah) berperan mendukung keluarga / orangtua.

Selama satu semester ke depan, beberapa kegiatan akan diselenggarakan dengan dampingan, diskusi dan konsultasi dengan teman-teman dari Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat – yang berkantor di Jayagiri, Lembang. Tim dari Jayagiri yang mendamping proses ini adalah Bpk. Mohammad Syamsudin, Bpk. Triono Adil dan Bpk. Yedi Kusmayadi.

Dalam beberapa bulan ke depan, kita akan bertemu dalam forum-forum bersama, untuk membangun komunikasi dan kerja sama antara keluarga dan sekolah. Menggaris bawahi nama Rumah Belajar Semi Palar bahwa kita semua harus membuka diri bersiap belajar untuk mendidik anak-anak kita. Ini adalah bagian dari pemaknaan kita semua tentang [Rumah Belajar] ini.

Di bawah ini beberapa rekaman gambar dari forum yang berlangsung menjelang siang tadi.

This slideshow requires JavaScript.

Pertemuan dipimpin oleh kak Lyn – yang di TP12 ini membantu SPP (Sistem Pendukung Pembelajaran) Bidang Relasi Orangtua. Kak Lyn didamping oleh kak MJ yang di TP12 ini mendamping Jenjang Usia Dini sebagai Koordinator.

Menarik untuk mengamati bahwa di luar kelas KB (Kelompok Bermain) yang secara khusus diundang, beberapa orangtua dari jenjang lain juga turut hadir, orangtua murid TK dan SD. Semoga semangat belajar kita semua sebagai orangtua tidak pernah surut…

Salam pendidikan!

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *