Akhir Mingguan Smipa perdana

Sabtu lalu, pagi-pagi, sebagian dari keluarga besar Smipa punya kesibukan baru yang tidak biasa. Beberapa dari kita janjian berkumpul di Taman Hutan Raya Juanda. Jam 7 pagi kita bersepakat kumpul di sekitar gerbang masuk Tahura Juanda.

20180908_064217Beberapa lainnya yang gabung di Klab Gowes Smipa juga sama, menyiapkan sepedanya, keluar dari rumah dan mengarahkan sepedanya ke arah Jalan Dago. Enam dari kita janjian bertemu di Dago Simpang – sebelum gowes bareng ke arah Tahura Juanda. Tujuan akhirnya sama, kumpul di Tahura Juanda untuk menikmati kebersamaan di sana. Saya salah satunya (walaupun ragu-ragu juga apakah saya bakal nyampe gowes ke Tahura sana… ). Maklum sudah terlalu lama saya tidak bersepeda ke arah Bandung Utara… Setelah rombongan gowes tiba di lokasi, ternyata sudah cukup banyak yang datang, ngobrol-ngobrol sambil menunggu keluarga lain berdatangan.

Sekitar setengah delapan kita-pun membeli tiket masuk ke Tahura, dan mulai mengeksplorasi berbagai area Tahura.

Pagi kemarin suasana di Tahura sangat menyenangkan. Udara segar, tidak terlalu dingin. Angin bertiup sejuk, matahari dengan lembut meneroboskan cahaya hangatnya di sela-sela pepohonan.

Satu rombongan kecil ada yang segera menuju gua Belanda, sementara yang lain mengeksplorasi area gua Jepang. Beberapa orangtua menemani anak-anaknya yang tertarik panjat-memanjat berbagai permainan di sana. Sekitar pukul setengah sepuluh, kita semua kumpul di depan pelataran Gua Belanda. Perbekalan mulai dikeluarkan dan kita semua duduk2, berbincang dan bersenda gurau sambil menikmati bekal atau jajanan yang dibeli, jagung bakar, kelapa muda atau lainnya. Memang tidak ada acara khusus, tidak ada agenda yang dirancang. Kita di sana hanya untuk kumpul, hadir menikmati kebersamaan, kehadiran kita satu demi satu di sana…

Menyenangkan mengamati suasana kebersamaan yang ada di sana, terutama karena kita bisa melihat dan menemukan sisi-sisi lain dari semua yang hadir di sana. Ada hal yang berbeda dari interaksi kita sehari-hari di sekolah. Para ayah yang jarang terlihat sehari-hari di sekolah juga bisa hadir. Satu sama lain bisa ngobrol lebih dekat. Saya juga mengamati kita semua yang hadir di sana bisa melepaskan diri dari gawai yang biasanya sangat mendominasi keseharian kita. Kita bisa hadir bersama di tengah alam yang diciptakan Tuhan buat kita.

Suasana Taman Hutan Raya Juanda sendiri selalu menyenangkan untuk dinikmati – setidaknya untuk saya. Sejak terakhir mampir ke Tahura Juanda ada beberapa perubahan yang cukup besar. Lokasi ini sudah dibenahi, dengan area parkir, gerbang masuk dan banyak hal yang sudah ditata ulang. Pedagang-pedagang tidak lagi banyak sembarangan berjualan di sana-sini. Toilet-toilet baru sudah dibangun dan salah satu yang paling hebat, motor tidak boleh lagi masuk ke area Tahura Juanda, sehingga kita bisa betul2 menikmati suasana dan suara alam.

This slideshow requires JavaScript.

Di Tahun Pendidikan yang lalu, banyak hal mengingatkan kita bahwa koneksi antar kita (human connection) adalah kunci untuk proses pembelajaran holistik yang kita sedang upayakan bersama. Kita tahu (nyaho), tapi belum tentu sudah paham (ngarti) dan mampu (bisa) melaksanakannya. Berbagai bentuk interaksi kita sudah dialami, tapi sepertinya kita semua belum sampai ke koneksi / relasi yang lebih mendalam. Seperti yang disampaikan salah satu orangtua murid Smipa, “Kenapa ya kalau di Selametan atau di Musik Sore Smipa suasana terasa guyub, tapi hal tersebut tidak begitu terasa sehari-hari?”

Perjalanan pendidikan holistik membutuhkan hal tersebut (relasi / koneksi) nyata dihidupi di antara kita semua yang terlibat di dalamnya. Bukan sekedar interaksi, bukan sekedar Senyum, Salam, Sapa. Semoga kegiatan2 semacam ini – salah satunya Akhir Mingguan Smipa – yang baru pertama kali digulirkan bisa menjadi ruang / media untuk membangun koneksi / relasi yang lebih mendalam antar kita.

Terima kasih atas semua yang sudah mengupayakan hadir di Akhir Mingguan Smipa yang perdana. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya…

IMG_5071.JPG

 

 

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.