Goethe Institut – Science Film Festival 2019

Bertepatan dengan 1 Dekade Science Film Fesatival dan ulang tahun Alexander von Humboldt yang ke-250 tahun. Oleh karena itu, Goethe-Institut menggelar Science Film Festival 2019 dengan tema “Humboldt dan Jaring Kehidupan”. Judul ini terinspirasi dari  Alexander von Humboldt (1769 – 1859), berkaitan dengan perubahan iklim global dan keberlanjutan, yaitu konsepsi alam dengan secara ilmiah mendekatinya sebagai jaring hidup yang saling berhubungan dan dalam melakukannya, mengilhami banyak ilmuwan, lingkungan, penulis, dan seniman yang tak terhitung jumlahnya.

Festival Film Sains 2019 bertujuan untuk mengilustrasikan relevansi pendekatan kompleks ini pada abad ke-21, khususnya bagi pelajar dan kaum muda, dan meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan, perubahan iklim, dan keberlanjutan. 

Pada tahun ini SFF memutar beberapa film tetang isu sampah di zaman ini, dan beberapa games yang sangat berakitan dengan sains.

Ada 3 film yang diputar diantaranya:

  1. Plastik Dalam Makananku,
  2. Bumi Menuju Masa Depan – Masa Depan Tanpa Plastik dari Jerman,
  3. ‘Sembilan Setengah – Reporter : Masih Mau Membuang Barang?’ sebuah reportase terkait limbah elektronik dari Jerman.

Tidak hanya menonton film-film sains, teman-teman juga diajak bermain dengan eksperimen-eksperimen sains yang seru. Seperti mengambil koin di dalam air tanpa menyentuh air, lalu pesan berantai melalui telepon sederhana, bola yang berputar dalam gelas, dan jagung menari.

Dan teman-teman sangat antusisas dengan Film yang diputarkan dan permainan yang telah di sediakan. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikanpun dijawab dengan mudah oleh mereka.

Wah… Seru sekali bukan? Terimakasih kepada Kakak-Kakak dari Science Film Fesatival yang telah berkunjung ke Rumah Belajar Semi Palar, semoga kita bisa bertemu kembali.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.