Materi POT S1 TP16

Pertemuan Orangtua Semi Palar kali ini (dilaksanakan secara daring) dibagi dalam 3 sesi untuk 3 jenjang. Judul POT kali ini adalah : 

Kedirian Anak, Kesadaran Diri dan Pendampingan Orangtua


Pandemi COVID-19 mengondisikan kita semua untuk berada dalam situasi seperti sekarang ini, di mana pembelajaran anak-anak digulirkan di rumah dengan didampingi orangtua. Walaupun banyak yang mengeluhkan situasi ini, sebetulnya ini jadi momen yang luar biasa baik untuk mengingat kembali dan menyadari sepenuhnya bahwa tanggung jawab utama dan pertama dalam hal pendidikan anak berada di tangan orangtua.

Salindia (slides) di bawah ini menghadirkan empat tokoh yang mudah-mudahan bisa menggaris bawahi tema bahasan kali ini.

  • Dr. Bruce Lipton : menjelaskan tentang tujuh tahun pertama di mana anak-anak menyerap segala sesuatu yang ada di lingkungan terdekatnya.
  • Dr. Gabor Mate : menjelaskan dua kebutuhan dasar manusia : attachment (koneksi sosial) dan authenticity (keunikan diri) 
  • Sadhguru dalam konversasinya bersama Jonathan Coslet mengingatkan kita orangtua untuk menjadi orangtua, karena anak-anak khususnya di usia remaja tidak mendengar apa yang kita katakan – tapi mengamati apa dan bagaimana kita sebagai orangtua (menit 39:50)
  • Video ke empat (menit ke 5:04) Kurshed Batliwala (Bawa) memberikan kita sebuah perspektif yang berharga bahwa proses tumbuh kembang anak-anak kita adalah titik-titik kesempurnaan yang hadir dalam setiap tahapannya.   

Silakan klik presentasi di atas ini. Kami menandai menit-menit spesifik dari apa yang disajikan pada saat pertemuan, tapi silakan mengikuti kembali video2 dari para tokoh tersebut secara utuh agar dapat dipahami konteks keseluruhannya.

Di bawah ini ada satu video pendek yang menggaris-bawahi apa yang disebut-sebut oleh Gabor Mate sebagai authenticity atau keunikan diri.


Terima kasih atas segala perhatian rekan-rekan orangtua. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat – terutama agar kita bisa menjadi pendidik yang lebih baik bagi anak-anak kita.

Salam Smipa.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.