Pembagian Rapor, Jeda Akhir Tahun dan Pembelajaran Tahun 2021

Rekan-rekan orangtua yth, tidak terasa satu semester sudah kita gulirkan bersama. Bersama ini kami informasikan beberapa jadwal dan hal-hal lain terkait jeda akhir tahun dan menyambut Guliran Pembelajaran tahun depan.

Pembagian Rapor (Buku Cahaya Bintangku)

Pembagian Rapor Semester pertama ini dilaksanakan seperti semester lalu – mengingat situasi yang masih tidak memungkinkan untuk pertemuan tatap muka. Penutupan Proses Pembelajaran Semester ini dan Pembagian Rapor akan dilakukan jarak jauh dan dilaksanakan daring per kelompok menggunakan GoogleMeet. Seperti sudah dijadwalkan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 Desember 2020 dengan rincian sebagai berikut:

Jam 09.00 : SD-1 | SD-4 | K-9
Jam 09.30 : K-7 | KPB K-10, K-11 & K-12

Jam 10.00 : TK-A | SD-5 | SD-2
Jam 10.30 : SD-3 | K-8

Jam 11.00 : TK-B | SD-6

Sebagai jenjang yang paling besar, rapor KPB akan diserahkan langsung ke teman-teman KPB. Rekan-rekan orangtua KPB diundang ikut hadir dalam pertemuan sesuai jadwal di atas.

Dengan jadwal di atas, kami berupaya mengaturkan semaksimal mungkin agar orangtua yang memiliki anak-anak lebih dari satu dapat menghadiri setiap pertemuan. Tentunya kami berharap rekan-rekan orangtua dapat mengupayakan hadir di setiap pertemuan kelompok agar kami (para kakak dan KJ) dapat berbincang satu dua hal terkait proses pembelajaran di semester satu ini. Apabila masih ditemukan jadwal pertemuan yang bertumpuk – mudah2an rekan-rekan orangtua dapat mengaturkan antara ayah dan ibu atau menyempatkan untuk segera berpindah ruang setelah hadir di salah satu pertemuan.

Kakak Kelas akan membagikan tautan pertemuan Google Meet sekitar 15 menit sebelum waktu yang dijadwalkan. Setelah pertemuan ditutup, Buku Cahaya Bintangku dalam format pdf akan dibagikan kepada orangtua murid melalui Email dan WhatsApp, untuk memastikan file rapor tersampaikan ke orangtua.


Jeda Akhir Tahun

Setelah pembagian Rapor tanggal 18 Desember 2020, rangkaian proses pembelajaran kita tutup sementara untuk masuk dalam Jeda akhir tahun – menyambut Hari Raya Natal bagi keluarga-keluarga yang merayakan dan Tahun Baru 2021 bagi kita semua.

Kegiatan Pembelajaran semester mendatang kita mulai gulirkan lagi pada hari Senin, tanggal 11 Januari 2021.


Guliran Pembelajaran Tahun 2021

Setelah melaksanakan Belajar di Rumah selama hampir 10 bulan, tentunya sangat besar kerinduan dan harapan untuk bisa kembali bertemu dan berkegiatan kembali di sekolah. Bersama ini kami sampaikan beberapa informasi terkait kemungkinan penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka di tahun 2021.

Seperti sudah diketahui, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah memberikan lampu hijau kepada Pemerintah Daerah setempat untuk penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka. Minggu lalu kami sudah mendapatkan pengarahan langsung dari Kepala Dinas Pendidikan tentang persiapan2 yang perlu dilakukan – seandainya Pemerintah Kota Bandung mengijinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Beberapa poin2 penting kami sampaikan di sini.

  • Pembelajaran Tatap Muka pada prinsipnya dibolehkan bukan diwajibkan.
  • Lapisan pertama yang dapat memberikan ijin penyelenggaran PTM adalah Pemerintah Daerah setempat – dalam hal ini Walikota Bandung. Jadi tidak lagi di tingkat pusat (Kementrian).
  • Kalau Pemerintah Kota sudah memberikan izin, sekolah yang merasa siap perlu mengajukan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan setempat untuk penyelenggaraan PTM. Dalam proses perizinan, DisDik akan melakukan pemeriksaan langsung ke sekolah2 yang mengajukan, terkait kesiapan fasilitas dan protokol kesehatan yang dimiliki setiap sekolah. Syarat-syarat yang dipenuhi cukup banyak untuk masing-masing sekolah. Panduan dan SOP lengkap terkait hal ini sudah dibagikan ke sekolah-sekolah.
  • Proses Perizinan (termasuk peninjauan ke sekolah masing-masing – akan dilakukan oleh 4 instansi berbeda : Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Gugus Tugas COVID-19 dan SatPol PP).
  • Sekolah harus membuat MOU (Nota Kesepahaman) dengan seluruh orangtua murid juga melakukan pemetaan situasi kesehatan keluarga – sebagai bagian dari syarat mengajukan Rekomendasi PTM.
  • Setelah syarat-syarat tersebut dipenuhi, Rekomendasi baru akan dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan untuk sebuah sekolah melaksanakan PTM.
  • Dalam kondisi inipun, orangtua tetap berhak memilih untuk tidak menghadirkan anak di sekolah, seandainya belum cukup merasa aman dengan segala persiapan dan protokol kesehatan yang sudah dilakukan oleh sekolah.

Dari poin-poin di atas, masih sangat banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa kembali menyelenggarakan PTM. Di sisi lain, grafik penularan COVID-19 beberapa waktu terakhir ini terus meningkat – yang juga meningkatkan potensi penularan – setiap kali kita pergi beraktivitas di luar rumah. Sejauh ini demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Kami akan komunikasikan lebih lanjut mengenai rencana realisasi seandainya situasi kami pandang cukup kondusif untuk dapat melaksanakan PTM dengan aman. Pada dasarnya – seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Semi Palar mengambil sikap konservatif (berhati-hati) sebelum mengambil langkah dan keputusan terkait PTM ini. Dalam hal ini komunikasi dengan rekan-rekan orangtua akan sangat kami kedepankan.

Tidak lupa kami sampaikan Selamat menyambut Hari Raya Natal bagi keluarga Smipa yang merayakan dan juga menyongsong Tahun Baru 2021 dengan segala harapan akan kebaikan yang menyertainya. Terima kasih atas segala perhatiannya dan Salam Smipa.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.