[kakapo] Bujur Sangkar Ajaib

SUBTEMA: SEL

Alkisah suatu hari, di era dinasti kerajaan Cina, sebuah banjir tahunan selalu menerjang sebuah kota. Untuk mengatasi hal ini, dibuatlah konsep bujur sangkar ajaib (lo-shu) dimana sebuah penampang berupa bujur sangkar (kota tersebut) memiliki saluran pengairan yang seimbang sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.

Kak Braja – selaku kakak pengantar bidang studi Matematika di jenjang SMP – menceritakan kisah di atas dengan lebih detil dan menarik, dalam sebuah sesi olahan belajar Matematika (Kamis, 25 Agustus 2016), sebagai kisah pengantar sebelum masuk ke kegiatan inti membuat bujur sangkar ajaib 3×3 yang dibuat dalam bentuk karya gambar kura-kura.

Kegiatan belajar yang dilakukan secara berkelompok ini, memancing rasa ingin tahu anak serta melatih logika dan daya uliknya untuk mengolah angka-angka, agar tersusun menjadi sebuah pola teratur yang memiliki persyaratan tertentu.

Selain karena memiliki tingkat kerjasama yang relatif baik, teman-teman Kakapo pun memang memiliki sense bilangan yang cukup baik sehingga mereka tidak membutuhkan wktu yang terlalu lama untuk dapat menemukan pola bujur sangkar ajaib 3×3.

Usai berhasil menemukan pola bilangannya – masih dengan tingkat antusiasme yang tinggi – kelompok kerja teman-teman Kakapo mulai membuat karya gambarnya, dan berkreasi menggabungkan ide serta imajinasi dari setiap anggota kelompoknya, untuk dapat menghasilkan karya akhir yang estetis.

Meski ada satu kelompok yang tertinggal karena merasa kesulitan dalam menemukan pola bilangan bujur sangkar ajaibnya, namun kelompok tersebut akhirnya berhasil menemukan pola bilangannya sendiri, walaupun belum  optimal dalam mengerjakan karyanya karena waktu yang tersisa tinggal sedikit lagi. [EL]

Untuk menggenapkan penguasaan teman-teman terkait operasi bilangan pada himpunan bilangan bulat. Kakak membuat tantangan sederhana untuk menyelesaikan tantangan kotak persegi ajaib ukuran 3×3. Metode ‘trial and error’ adalah cara yang dilakukan oleh teman-teman. Mereka berdiskusi untuk menentukan angka di tengah-tengah kotak, kemudian juga menentukan berapa angka yang tepat agar angka-angka setiap baris horizontal, vertikal, serta diagonal memiliki jumlah yang sama persis. Kegirangan menghiasi wajah teman-teman saat dengan bangga menunjukkan mereka berhasil menyelesaikan teka-teki tersebut.

bujur_sangkar_ajaib_-_agustus-01

catatan proses : kak Braja & kak Koben

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.