[bewara] persiapan Kumpul Keluarga Smipa TP14

 

Rekan-rekan orangtua yth, keluarga besar Semi Palar.

Sebagai rangkaian kegiatan di TP14 ini, mulai dari Taki-taki, Selametan, Akhir Mingguan Smipa, kita akan menyelenggarakan Kumpul Keluarga Semi Palar tanggal 6 Oktober 2018 bertempat di Capolaga, Ciater.

Kegiatan ini dijadwalkan tanggal 6 Oktober di mana kita bisa membangun kebersamaan antara kita satu sama lain anggota keluarga besar Rumah Belajar Semi Palar. Walaupun agak jauh, lokasi ini lokasi yang sangat layak kita kunjungi, kita nikmati bersama melalui berbagai kegiatan kebersamaan untuk mendekatkan kita satu sama lain, membangun koneksi dan relasi antara kita satu sama lain. Di bawah ini gambaran lokasi tempat kegiatan kita nanti.

 


Kumpul Keluarga, Sabtu 6 Oktober 2018

Hal-hal seputar kegiatan :

  • Pendataan Peserta :
    Untuk mengetahui jumlah yang akan hadir, mohon mencatatkan kehadiran keluarga (orang dewasa dan anak2) yang akan hadir ke Koordinator Kelompok.
  • Waktu dan Keberangkatan :
    Diharapkan kita semua sudah tiba di lokasi pada pukul 08.00 agar bisa mulai kegiatan tepat waktu. Kegiatan dijadwalkan sudah berakhir pada jam 14.00.
    Keberangkatan silakan dikoordinasikan di dalam kelompok. Apabila ada keluarga yang membutuhkan kendaraan dari satu kelompok bisa bergabung ke kelompok lainnya – sejauh memungkinkan. Menurut Google Maps, dalam keadaan normal (tidak macet), waktu tempuh dari Semi Palar ke Capolaga membutuhkan waktu 1 jam 5 menit. Tempat parkir di Capolaga cukup memadai.
  • Konsumsi :
    Setiap kelompok diminta menyiapkan makan siang bersama (botram) per kelompok. Mohon perhatikan jumlah porsi yang dibawa masing-masing kelompok. Perlu dikoordinasikan dengan baik oleh sie konsumsi kelompok agar tidak berlebihan.
    Jenis makanan : makanan tradisional, dan mohon perhatikan kemasan agar kita tidak banyak membuah sampah non-organik.
    Mohon juga tidak membawa air mineral dalam gelas atau botol. Kami akan menyediakan air minum galonan untuk isi ulang.
  • Perlengkapan :
    Alas duduk (tikar) dan perlengkapan makan minum.
    Peralatan untuk antisipasi hujan, handuk dan pakaian ganti karena akan bermain air di sana.
  • Kelengkapan Kegiatan : info menyusul.

Di bawah ini kami tambahkan informasi bagi keluarga yang ingin ikut berkemah (opsional) di malam sebelumnya (hadir di hari Jum’at Sore).

 


Kemping, Jum’at 5 Oktober 2018 (tidak wajib)

Karena lokasi kegiatan yang asik, gagasan untuk berkemah di lokasi sempat dilontarkan oleh beberapa orangtua murid (koordinator kelompok). Bagi yang berminat dan bisa ikut serta, dipersilakan gabung di hari Jum’at sore untuk berkemah bersama di sana satu malam dan berkegiatan bersama keesokan harinya pada tanggal 6 Oktober – Sabtu pagi hingga siang harinya.

Hal-hal seputar Kegiatan

  • Komunikasi / Koordinasi :
    Untuk memudahkan, komunikasi dan koordinasi harap dilakukan melalui Koordinator Kelompok.
    Setiap Kelompok diharapkan memiliki masing-masing satu orang yang bisa membantu mengaturkan Transportasi, Perlengkapan dan Konsumsi. Tim ini akan membantu koordinasi pelaksanaan di lapangan pada hari penyelenggaraan.
  • Pendataan Peserta :
    Tahap pertama Pendataan Peserta Kemping hari Rabu, 26 September 2018 melalui koordinator kelompok.
  • Waktu dan Keberangkatan :
    Peserta Kemping berangkat dari Semi Palar, pukul 15.00. Selambatnya peserta Kemping sudah tiba di lokasi sekitar pukul 16.30 untuk menyiapkan tenda dan area perkemahan.
  • Perlengkapan Utama :
    Peserta mohon mencatatkan yang punya atau bisa meminjamkan peralatan berkemah yang paling penting : Tenda, Matras (alas tidur) dan Kantung Tidur (Sleeping Bag). Dari data awal yang masuk kita akan memperhitungkan jumlah peserta, dan perlengkapan yang dibutuhkan – untuk menyewa kekurangannya. Biaya keikut-sertaan akan diperhitungkan dari kebutuhan sewa menyewa peralatan.
    Sie Perlengkapan kelompok bertugas mendata hal-hal ini. Apabila berlebih bisa dipinjamkan ke kelompok lain yang masih kurang. Mari berupaya untuk menekan biaya dengan tidak mudah2 menyewa seandainya ada yang punya dan bisa dipinjam.
  • Perlengkapan Tambahan : Bagi yang ikut serta harap menyiapkan pribadi / per keluarga / per kelompok peralatan yang dibutuhkan untuk kemping, misalnya : Pakaian hangat, Peralatan anti hujan, Alas duduk / tikar, pelindung tambahan (fly sheet dan tali-temalinya), penerangan, kompor portabel, alat masak seperlunya, alat makan dan minum, peralatan kebersihan diri, obat-obatan pribadi dll.
    Toilet dan Kamar Mandi tersedia dan cukup memadai – walaupun sederhana.
    Mohon diperhatikan bahwa Kemah Semi Palar ini adalah bukan glamping. Mohon membawa perlengkapan yang betul2 dibutuhkan – bukan memindahkan kenyamanan kita dari rumah ke hutan. Mari kita nikmati kebersamaan dengan kesederhanaan dalam kedekatan dengan alam.
  • Konsumsi :
    Untuk kemudahan, sie konsumsi akan memesan / membeli makanan dari sekitar lokasi.
  • Biaya :
    Area kegiatan untuk kemping dan kumpul keluarga sudah dipesan dan dibayarkan oleh Semi Palar. Biaya untuk yang peserta kemping akan mencakup biaya sewa peralatan (jika harus menyewa) dan konsumsi.

Demikian informasi seputar kegiatan Kumpul Keluarga Smipa 6 Oktober 2018 kami sampaikan – agar kita semua dapat mempersiapkan diri untuk bergabung di sana. Persiapan-persiapan masih dilakukan termasuk rancangan acara / kegiatan. Tambahan informasi akan disampaikan segera setelah siap melalui Koordinator Kelompok.

Terima kasih banyak. Salam Smipa.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.