[GIOK] Doa untuk Korban Bencana

Doa dari teman-teman Giok (SD1)

Hari ini, lebih tepatnya di awal tahun 2019, saat kembali beraktivitas di Rumah Belajar Semi Palar, teman-teman Giok (SD-1) bersama kakak kelas bercerita tentang pengalaman liburannya. Setelah teman-teman bercerita, Kakak melontarkan sebuah pertanyaan terkait kegiatan akhir tahun apa yang paling berkesan. Ada yang bilang liburan bersama keluarga, ada yang bilang kumpul keluarga, makan-makan saat malam tahun baru dan jalan-jalan di sekitar rumah sambil meniup terompet.

Lalu, salah satu teman bertanya kepada Kakak, “Kalau Kakak apa yang paling berkesan?” Kakak menjawab, “Kakak liburan ke kampung, tapi gak bisa ke mana-mana karena lagi banyak bencana. Jadi kegiatannya lebih banyak di rumah kumpul keluarga.”

Doa dari Teman-Teman Kelompok Giok (SD1)

Lalu anak lain merespon dan menyatakan bahwa di tahun 2018 terjadi banyak bencana alam di Indonesia. Seperti tsunami, longsor, banjir dan gempa. Dari respon tersebut, Kakak mengajak teman-teman Giok untuk mendefinisikan bencana itu sendiri. Ada yang bilang, bencana itu adalah tsunami. Lalu ada anak lain bilang, bencana itu kejadian alam yang terjadi atas kehendak Tuhan. Dari definisi tersebut, Kakak lalu merefleksikan kejadian alam di Indonesia dengan apa yang biasa kita lakukan sehari-hari. Seperti bersyukur atas apa yang sudah dimiliki saat ini, berperilaku baik terhadap lingkungan sekitar dengan menghemat penggunaan plastik, tisu dll.

Doa dari Teman-Teman Kelompok Giok SD(1)

Setelah itu, Kakak mengajak teman-teman Giok untuk mendoakan semua korban yang tertimpa bencana dengan menuliskannya di selembar kertas. Dan hasilnya sangat menarik. Mereka berdoa sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Tak lama setelah menuliskan doa, kami pun mengajak teman-teman Giok untuk simulasi tanggap bencana. Dan sejauh amatan kami, mereka dapat menyimak dan melakukan setiap prosesnya dengan baik dan tenang. Seperti bersembunyi di bawah meja, menjauhi jendela dan pintu kaca, dan saat keadaan sudah lebih tenang langsung lari keluar dan mencari titik evakuasi terdekat. Kita semua harus siap menghadapi setiap kejadian dengan tenang.

Semoga teman-teman semua dalam lindungan Tuhan, dan semoga sehat selalu. Jangan sampai lengah terhadap becana alam karena bencana bisa terjadi kapan saja. Semoga kita semua dilindungi. Amin. 🙏🏻🌞

Terimakasih Kakak-Kakak dan juga kepada teman-teman Giok (SD1) yang telah berdoa untuk saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah, semoga doa kita dapat di kabulkan oleh Tuhan. Amin.

Penulis : Ana Agustina

Edior : Mutiara Zahwa

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.