persiapan menjelang TP-15

TP15… yap… Tahun ini Semi Palar melangkahkan jejak perjalanannya di tahun ke lima belas. Kembali banyak hal perlu dilakukan agar segala proses yang akan digulirkan dapat dipersiapkan dengan baik.

Seminggu sebelum ruang pembelajaran di Semi Palar kembali diisi oleh riuh rendah suara anak-anak bermain dan beraktivitas, kakak-kakak Semi Palar sudah terlebih dahulu hadir dan mempersiapkan segala sesuatu. Kalau di akhir semester, kakak-kakak Semi Palar menutup Tahun Pendidikan lewat Evaluasi dan Refleksi, awal Tahun Pendidikan kami awali dengan Minggu Perencanaan dan Pembekalan.

Perencanaan Program

Selama lima hari, kakak2 bersama Koordinator Jenjang dan Tim Pendamping Kurikulum menyiapkan pembelajaran, mulai dari menyepakati Identitas Kelompok yang akan digunakan di tahun ini, merancang judul-judul Tematik, menyusun rangkaian perjalanan pembelajaran dari tema ke tema – hingga akhirnya menjabarkan kegiatan Tematik menjadi kegiatan mingguan dan harian…

Dalam terminologi pendidikan, proses inilah yang disebut sebagai Proses Perencanaan Pembelajaran, implementasi teknis dalam Penyusunan dan Penyelenggaraan Kurikulum. Di Semi Palar, proses ini dikerjakan bersama-sama oleh kakak2 dari jenjang terkecil hingga terbesar, dari KB (Kelompok Bermain) hingga jenjang SMP. Kegiatan diisi berbagai kegiatan dan dinamika kelompok. Kakak2 diajak berdiskusi, bertukar pikiran, menuliskan gagasan dan merangkumnya dalam berbagai kegiatan pembelajaran yang akan digulirkan hari demi hari.

Sejalan dengan proses para guru merancang program pembelajaran, Koordinator Utama, Koordinator Jenjang dan Tim Kurikulum juga terus mendiskusikan berbagai hal untuk bisa menggenapi proses perencanaan yang sedang digulirkan oleh para guru.

Salah satu sesi yang dilaksanakan adalah merancang kegiatan lintas jenjang atau lintas kelompok, di mana kakak-kakak berusaha menjalin menemukan rekanan kelas dari jenjang manapun untuk diajak berkolaborasi merancang kegiatan bersama. Suasana yang muncul saat sesi ini berjalan sangat ramai, ibarat suasana pasar. Memang itulah yang terjadi, sesi ini adalah semacam sebuah pasar gagasan, di mana terjadi tukar menukar ide dan pemikiran, sampai terjadi kesepakatan antar kakak untuk sebuah kegiatan lintas kelompok atau lintas jenjang :).

Waktu 5 hari, untuk mempersiapkan pembelajaran tematik yang digulirkan di Semi Palar adalah waktu yang sangat singkat, karenanya proses ini dilanjutkan kembali di 5 hari selanjutnya, di minggu pertama setelah anak-anak masuk sekolah di mana para kakak meneruskan proses perencanaan, mematangkan berbagai hal terkait program pembelajaran yang akan digulirkan.

Sesi Pembekalan

Selain perencanaan pembelajaran, minggu awal TP15 juga diisi beberapa Sesi Pembekalan. Sesi dibawakan oleh Koordinator Utama bersama Tim Kurikulum mengajak kakak-kakak Smipa untuk membahas juga hal-hal mendasar, mengulas filosofi Pendidikan Holistik yang jadi landasan Rumah Belajar Semi Palar. Paparan ini dirangkai juga dengan diskusi mengenai Tujuan Pendidikan Nasional yang termaktub dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jadi selain menyiapkan hal-hal teknis, kakak-kakak juga belajar lagi – untuk lebih memahami landasan-landasan filosofis agar saat menyusun perencanaan dan menggulirkannya dalam keseharian, para kakak lebih memahami hal-hal yang menjadi tujuan mendasar dari hal-hal apa yang dikerjakan.

Pembekalan kali ini juga mengajak kakak merefleksikan kembali proses belajar (bukan hanya di bangku pendidikan) yang pernah dialami. Kami belajar lebih memahami apa itu proses belajar, kemudian sikap pembelajar; apa juga artinya menjadi manusia pembelajar. Hal-hal yang seringkali kita sebutkan kata-katanya tapi belum tentu kita pahami betul makna katanya…

Tidak terasa lima hari berlalu. Senin mendatang, suara kehidupan sebuah sekolah yang dibawakan oleh langkah-langkah kaki dan celoteh tak henti dari para murid akan kembali mengisi ruang aktivitas di sekolah ini. Semoga apa yang dilakukan oleh para kakak yang kami coba kisahkan di sini, menjadi awalan yang baik bagi guliran proses pembelajaran di sepanjang TP15 ini. Tuhan memberkati kita semua. Amin…

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.