mulai dari yang kecil | catatan Pertemuan Orangtua Smipa

Pengantar

Pertemuan Orangtua Smipa kali ini memecahkan rekor jumlah peserta tersedikit sepanjang sejarah Semi Palar. Sudah cukup terprediksi, karena tema-nya sendiri tidak cukup menarik, soal sampah. Selama ini setiap POT, kami berusaha mencari topik yang menarik, judul yang asik dengan pembicara yang atraktif. Untuk kali ini, bagaimanapun kita akan membahas soal sampah – yang penting dari perspektif pendidikan holistik – dan juga genting dari kondisi bumi saat ini (state of the planet).

Urgensinya kami coba sampaikan salah satunya melalui video di bawah ini:

Salah satu inti dari pertemuan ini kita harus menyadari dan mulai melakukan sesuatu – seperti pesan yang disampaikan di video di atas ini:

It’s crucial that we who understand start to act because… We Don’t Have Time


Bahan Paparan POT 2 November 2019

Di bawah ini paparan yang kami bawakan di Pertemuan Orangtua Smipa. Kami minta rekan-rekan orangtua – yang kebetulan tidak hadir di POT untuk mencermati slide presentasi di bawah ini secara utuh.

Liputan Singkat POT

Pertemuan Orangtua kali ini dibagi 3 sesi, 2 sesi paparan dan 1 sesi diskusi. Dua sesi pertama dibawakan bergantian oleh mba Any dari Rumah Kail dan kak Andy. Mba Any mengajak rekan-rekan yang hadir membedah fenomena sampah yang kita hasilkan di lapisan yang lebih mendalam melalui analogi gunung es. Secara sederhana, segala fenomena yang kita lihat pasti disebabkan oleh struktur dan mental model (mindset) yang melatar-belakanginya.

Dari sisi Konsep Pembelajaran Holistik – seperti dilihat di presentasi di atas – kita lihat ada kaitan erat antara pendidikan karakter – terutama Tanggung Jawab. Saat anak-anak kita dewasa nanti, apakah mereka jadi pengusaha, birokrat, ataupun profesional, kita berharap mereka punya kesadaran tinggi dan punya rasa tanggung jawab yang besar. Hal ini kita mulai dari hal yang kecil, olah sampah – seperti tema kita tahun ini.

Sesi penutup diisi dengan diskusi kelompok, berbagi pengalaman, kesulitan dan solusi dalam konteks olah sampah kita ini.


Menutup posting ini, mudah2an apa yang dipaparkan di atas memberikan gambaran dan membangun pemahaman lebih untuk apa yang kita gulirkan bersama ini. Sebelum mengakhiri, mohon bantuan teman-teman untuk melengkapi kembali kuesioner lanjutan di bawah ini untuk memetakan sejauh mana kita semua warga Semi Palar sudah mulai mengolah sampah kita.

Semoga apa yang disampaikan di sini mendorong kita semua untuk ‘naik level’ – dan memiliki kesadaran lingkungan yang lebih baik. Untuk masa depan kita dan anak cucu kita… Salam.


Bagi yang ingin tahu hal-hal lain yang jadi tindak lanjut dan aksi nyata kita bersama secara kolektif, silakan bergabung di grup mulai dari yang kecil. Deskripsi dan tautan untuk bergabung bisa diakses melalui laman di bawah ini. Salam.

mulai dari yang kecil

Kelompok aktivitas ini mulai terbentuk selepas persiapan Selametan TP15. Di dalamnya tergabung rekan-rekan orangtua Semi Palar yang punya kesamaan minat, juga sudah melakukan berbagai hal untuk menuju pola hidup yang lebih berkesadaran ( conscious living).

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.