[Batik Mega Mendung] Wind Games 2020

Oleh: Ana Agustina

Rabu, tanggal 19 Februari 2020

Saat itu Kakak-kakak dari Jenjang SD Besar sedang berdiskusi tentang kegiatan yang berkaitan dengan literasi dan numerasi. Tak lama kemudian, datang orang tua murid yang membawa selembar kertas berisi informasi Wind Games yang diselenggarakan oleh SD St. Aloysius Sultan Agung.

Rancangan yang di buat oleh teman-teman Mega Mendung (SD 4)

Wind Games merupakan sebuah lomba yang mengasah pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi SD untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan kecintaan mereka terhadap sains. Kemudian informasi disampaikan kepada kakak dan sangat bersemangat untuk mengajak teman-teman Mega Mendung (SD 4) untuk berpartisipasi dalam kegiatan Wind Games.

Walaupun untuk dapat mengikuti kegiatan ini Kakak harus mengalokasikan waktu dan tenaga untuk merencanakan dengan matang setiap prosesnya. Kakak dari Mega Mendung (SD 4)  sendiri tidak keberatan dengan itu. Kakak pun sudah memikirkan segala persiapan yang harus dilakukan terkait kegiatan persiapan apa saja yang harus dilakukan.

Setelah itu Kakak mendiskusikan bersama teman-teman di kelas untuk membahas apa saja yang harus disiapkan, semangat apa yang akan dibawa untuk dapat mengikuti kegiatan, lalu siapa saja yang akan berangkat mewakili kelompok ke kegiatan ini. Setelah diskusi, teman-teman Mega Mendung (SD 4) menyepakati perwakilan kelompoknya untuk berangkat ke Sekolah St. Aloysius Sultan Agung pada hari Jumat, 28 Februari 2020.

Kakak Mega Mendung (SD 4) menekankan bahwa setiap proses yang dilakukan baik oleh teman yang menjadi perwakilan maupun teman-teman yang tidak menjadi perwakilan, setiap proses adalah belajar. Belajar untuk dapat peka terhadap lingkungan sekitar senyum, sapa dan salam, lalu belajar untuk berinteraksi dengan orang baru, belajar percaya diri untuk menunjukkan kemampuan terbaik di depan khalayak umum, dan tentunya adalah belajar mengatur waktu dalam mengikuti setiap tahapan yang dilakukan. Sejauh amatan saya, teman-teman Mega Mendung (SD 4) baik yang berangkat maupun yang tidak berangkat, semua memiliki semangat yang sama. Saling mendukung dan saling memberikan masukan agar kegiatan berjalan dengan lancar.

Hingga akhirnya, ketika pelaksanaan, baik mental maupun tenaga yang dikeluarkan oleh teman-teman yang berangkat, sangat-sangat baik. Mereka bisa dengan tenang membuat karyanya, mencoba karya hingga pada waktu pelaksanaan lomba mereka tampak tenang dan siap dengan segala hasilnya. Ternyata itu semua membuahkan hasil, teman-teman Mega Mendung mewakili Semi Palar mendapatkan Juara 3 dengan hadiah yang memuaskan. Sebelum mendapatkan hasil dari juri, teman-teman sangat percaya diri dapat hasil yang baik. Mereka menyampaikan bahwa mereka sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan segenap hati, tenaga dan pikiran.

Selamat ya, atas kerja kerasnya! 🙂

Editor: Mutiara Zahwa Venissa

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.