buka lapak, merah kuning hijau dan bukber


image

Ini adalah kali kelima Rumah Belajar Semi Palar menyelenggarakan Pasar Ramadhan. Kegiatan yang gagasannya dimunculkan oleh komunitas orangtua murid, juga penyelenggaraannya. Dari tahun ke tahun ini jadi momen dimana interaksi antara warga Semi Palar dan warga sekitar terjadi sekaligus juga merupakan kesempatan untuk berbagi kepada saudara-saudara kita warga sekitar yang mungkin membutuhkan. Tahun ini persiapan Pasar Ramadhan sangat-sangat singkat, informasi disebarkan di hari Senin dengan jadwal terakhir pengumpulan sumbangan di hari Jum’at. Dalam waktu singkat, cukup banyak sumbangan terkumpul. Pemilahan dilakukan pada hari Jum’at pagi oleh rekan-rekan orangtua, dan jam 11 hari Sabtu persiapan pelaksanaan dimulai. Sekitar jam 15.00 gerbang dibuka dan warga sekitar yang sudah menunggu segera masuk dan berbelanja di lapak-lapak yang ditunggui oleh orangtua, anak dan para kakak.

wpid-photogrid_1405818316501.jpg

Dari tahun ke tahun Pasar Ramadhan memang selalu jadi sesuatu yang ditunggu tunggu warga sekitar. Animo yang besar dari warga sekitar adalah penanda bahwa hal-hal seperti ini adalah sebuah kebutuhan. Tapi, apakah hal ini hanya bermanfaat buat mereka saja? Ternyata tidak. Manfaatnya sangat besar bagi semua yang terlibat. Anak anak melihat langsung bagaimana para orangtua turun tangan langsung dalam sebuah interaksi sosial yang dalam situasi sehari-hari tidak mudah ditemui. Anak anak melihat langsung bagaimana cara orangtua penyelenggara bekerja sama dalam sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang. Manfaatnya bagi lingkungan hidup juga tidak ternilai saat kita bisa memperpanjang waktu pakai benda yang sudah tidak lagi bermanfaat bagi kita.

Di Semi Palar, kegiatan seperti ini menjadi sangat penting karena melalui hal-hal seperti ini terbangunlah konektivitas. Melalui momen seperti inilah pendidikan holistik mendapatkan perwujudan nyatanya. Apalagi saat kegiatan ini juga diinisiasi dan direalisasi komunitas orangtua, hal-hal yang dihantarkan di sekolah menjadi nyata dan bermakna.

wpid-c360_2014-07-19-17-54-00-293.jpgSungguh menyenangkan bahwa keluarga Semi Palar juga semakin banyak yang hadir – besar maupun kecil, Seperti biasa di akhir hari kegiatan Pasar Ramadhan ditutup dengan Buka Puasa Bersama yang semakin mengakrabkan semua yang hadir satu sama lain. Tentunya tulisan ini menjadi ajakan bagi anggota keluarga besar Rumah Belajar Semi Palar untuk terlibat di kesempatan-kesempatan berikutnya.

 

wpid-c360_2014-07-19-16-53-26-321.jpgO ya, Pasar Ramadhan sabtu lalu juga menjadi lebih seru dengan kehadiran kawan kawan kelompok musik Merah Kuning Hijau dari Rumah Musik Harry Roesli. Teman-teman ini: Aska pada vokal, Isa pada gitar, Aris pada jembe dan Yuli memainkan biola mengisi ruang sore itu dengan sajian-sajian musik yang keren betul. Adik-adik ini belajar musik di bawah asuhan kak Yala Roesli dan kawan-kawan.  Mereka yang sehari-hari ‘hidup’ di jalanan kota Bandung, punya potensi luar biasa apabila di fasilitasi dengan tepat. Sore ini semua yang hadir bisa menikmati keterampilan mereka bermain musik. Seru!

Semoga hari ini bawa manfaat bagi semua yang hadir di Sabtu sore kemarin. Sampai jumpa di Pasar Ramadhan berikutnya 🙂

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.