Learning with Your Whole Being [by Satish Kumar]

 

Satish Kumar adalah salah satu environmentalis dunia kelahiran India dan sangat menarik bahwa beliau juga salah satu tokoh yang mempromosikan pendidikan holistik. Seperti yang beliau sampaikan di awal saat memperkenalkan diri, “I’m not an educationalist, but I am interested in education”. Video di bawah ini adalah pemaparan beliau mengenai Pendidikan Holistik di sebuah forum di HongKong.

Disajikan dalam bahasa yang sederhana dan analogi2 yang menarik. Pendidikan holistik dalam pemikiran beliau adalah 3H : Head, Heart dan Hand.

Kemudian di salah satu bagiannya beliau memaparkan bahwa anak-anak kita bukanlah wadah yang harus diisi pengetahuan tetapi merupakan benih yang menyimpan potensi besar. Kita para pendidik adalah penjaga- pemelihara pertumbuhan sang benih. Benih itu sendiri tidak perlu diajari akan menjadi apa… Menarik.

Video ini akan sangat membantu kita memahami lebih jauh mengenai pendidikan holistik yang sedang kita upayakan bersama di Semi Palar dan juga di tempat-tempat lain. Semoga bermanfaat :).


Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.