update rapor smipa v2.2

 

Satu rangkaian berbagai proses belajar dan Back-Azimuth kami di Semi Palar – di TP14 ini juga kami menyampaikan pembaruan (update) terhadap Buku Cahaya Bintangku – buku rapor Smipa.

Buku Cahaya Bintangku adalah catatan perkembangan yang formatnya kami rancang agar dapat bercerita kepada rekan-rekan orangtua mengenai proses perkembangan anak-anak – secara utuh / holistik – setelah berproses di Semi Palar dari waktu ke waktu. 

Seperti pada ponsel pintar atau komputer pribadi kita, aplikasi perlu terus diperbaharui – sejalan dengan bagaimana manusia pemakainya juga berkembang dalam hal pengetahuan, pemikiran dan pemahaman-pemahamannya.

Begitu juga dengan rapor Smipa. Rapor Smipa sendiri telah mengalami beberapa kali perubahan / perbaikan, sejalan dengan berkembangnya pemahaman-pemahaman kami mengenai berbagai hal. Di tahun ini kami melakukan beberapa perubahan – terutama dari  menstrukturkan penulisannya. Perubahan ini juga dilakukan setelah kami mendapatkan masukan dari rekan-rekan orangtua di penghujung TP13. Secara umum kami menangkap masukan dari orangtua adalah bahwa Rapor Smipa masih terlalu rumit untuk dipahami. Perubahan di TP14 ini kami coba lakukan untuk merespon masukan tersebut agar spirit Rapor Smipa sebagai Catatan Perkembangan Anak secara Holistik tetap tercapai – dan tidak masuk dalam jebakan mensimplifikasi.

quote-make-everything-as-simple-as-possible-but-not-simpler-albert-einstein-8-73-34.jpg

Harapannya, struktur/format penulisan rapor yang baru ini bisa lebih memudahkan rekan-rekan orangtua membaca proses perkembangan anak selama proses pembelajarannya sepanjang semester yang baru dilalui.

Mudah-mudahan seperti yang kami tuliskan di Catatan Tahun ke-14 Perjalanan Rumah Belajar Semi Palar, perubahan ini juga menggambarkan perkembangan pemahaman kami memfasilitasikan pembelajaran Holistik di Rumah Belajar Semi Palar.

Catatan perubahan secara umum :

  • Perubahan penamaan beberapa Kelompok Aspek misalnya : Kreativitas menjadi Proses Kreatif.
  • Rangkuman / Kesimpulan Perkembangan per Aspek Holistik (Nurani, Karakter, Nalar, Proses Kreatif dan Jasmani) dipindahkan di bagian awal – mengawali tabel bintang yang menandai titik perkembangan.
  • Ada beberapa kelompok sub-aspek yang masih tumpang tindih (overlap) dipetakan kembali dan digabungkan ke dalam kelompok sub aspek yang lebih tepat.

    matriks holistik dari perencanaan, proses pembelajaran dan pelaporan

Demikian beberapa poin perubahan yang kami coba terapkan di Buku Cahaya Bintangku TP14 ini. Rekan-rekan akan melihat perubahannya secara langsung di buku Cahaya Bintangku yang akan diterimakan di pertengahan Desember nanti.

Semoga seperti masukan2 yang disampaikan orangtua di TP lalu, perubahan2 ini bisa diterima dengan baik. Hatur nuhun sadayana.

 

 


Baca juga dua catatan kami sebelumnya – karena terkait dengan diterapkannya perubahan format Rapor Smipa ini.

catatan tahun ke 14 – Rumah Belajar Semi Palar

belajar menerapkan berpikir sistem dalam ranah pendidikan holistik

 

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.