[Taki-taki TP11] menuju kehidupan yang berkesadaran

 

catatan pengantar : Taki-taki (arti katanya ancang-ancang, dalam Bahasa Sunda) adalah salah satu segmen dari rangkaian kegiatan bersama orangtua murid per jenjang di Semi Palar di awal tahun. Diisi pada umumnya dengan menyampaikan visi sekolah terutama apa yang dijadikan tujuan bersama sejak atau pada tahun ini. Semacam mengingatkan kembali pada visi pendidikan dan bagaimana kita semua berperan melangkah untuk perlahan-lahan mendekat ke tujuan.

 

Mengatakan proses yang dilalui Rumah Belajar Semi Palar sebagai sebuah perjalanan kami yakini bukan sebuah jargon belaka. Langkah demi langkah yang diambil, ruang dan waktu yang dijalani terasa betul sebagai sebuah perjalanan. Terasa atau tidak bagi anak-anak, kakak, atau orangtua yang terlibat pada akhirnya akan kembali pada penghayatan masing-masing terhadap pengalaman dan peristiwa yang terjadi di Semi Palar.

Memasuki Tahun Pendidikan ke sebelas ini, setelah kegiatan Slametan di Pine Forest hari Sabtu lalu, minggu ini kami masuk ke sesi Taki-taki. Kalau di Slametan kita berusaha membangun spirit kebersamaan sebagai satu keluarga besar, di Taki-taki ini kami berusaha menegaskan kembali arah besar, orientasi atau tujuan Semi Palar sejak pertama gagasan tentang sekolah ini dimunculkan. Semi Palar lahir bukan atas keinginan masuk ke bisnis pendidikan (yang katanya menguntungkan) atau ingin menjadi alternatif atau memunculkan pendekatan baru pendidikan (ingin tampil beda).

Di dalam alam bawah sadarnya Semi Palar punya keresahan tentang kehidupan, tentang peradaban manusia hari ini, kemudian tentang masa depan, masa di mana anak-anak kita akan hidup kelak. Dan kami punya keyakinan bahwa perubahan sekecil apapun harus dilakukan, bahwa hal-hal yang baik perlu diperjuangkan. Metode pembelajaran yang dijalankan adalah konsekuensi lanjut atas orientasi yang ingin dituju oleh Semi Palar. Kami berharap Semi Palar bisa menjadi bagian dari proses perubahan / transisi yang diangankan untuk kehidupan yang lebih baik, kehidupan yang berkesadaran…

 

If you are not part of the solutions,
then you are part of the problem

 

Di Taki-taki kali ini, kami menegaskan kembali arah perjalanan Rumah Belajar Semi Palar, ke mana orientasi pendidikan di Semi Palar. Mengajak kembali rekan-rekan orangtua untuk memahami ke mana tujuan perjalanan bersama di Rumah Belajar Semi Palar, setelah Semi Palar menemukan kepingan2 pemahaman dan penghayatan selama 10 tahun perjalanannya. Kami mengajak rekan-rekan orangtua untuk merefleksikan kembali apakah memang orangtua punya harapan dan imajinasi yang sama akan kehidupan sebagaimana yang dibawa di dalam arah penyelenggaraan sekolah ini.

Tidak mudah merangkumkan proses 10 tahun perjalanan ke dalam tayangan/paparan singkat di Taki-taki kali ini. Dengan segala keterbatasan yang ada, setidaknya kami sudah menegaskan kembali arah perjalanan kita semua. Catatan penutup sebelum mengikuti salindia yang kami siapkan melalui Prezi di bawah ini, mohon untuk tidak menerjemahkan apa2 yang disaksikan secara harfiah. Cobalah tangkap makna yang lebih mendalam dari apa yang tersaji lewat filem2 pendek yang tersaji di bawah ini. Lebih jauh, tantangan kita bersama adalah menerjemahkan bagaimana perwujudan kehidupan yang holistik di dalam alam kehidupan kita sehari-hari saat ini.

 


 

Video-video yang di dalam Salindia Prezi di atas ini kami tampilkan kembali dalam playlist di bawah ini, sebagai ajakan untuk betul-betul merenungkan apa yang disebut oleh Satish Kumar sebagai ‘New Story’ atau Babak Baru. Kisah yang perlu kita tulis kembali dengan segala kesadaran kita hari ini untuk kebaikan kita, anak-anak kita di masa depan.


 

Terima kasih atas segala perhatian rekan-rekan. Semoga kepingan pembelajaran ini jadi bagian penting dari perjalanan kita bersama… Salam Smipa.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *