Pemilahan Sampah SMIPA

 

Terkait Konsep Pembelajaran Holistik, upaya pemilahan sampah di Rumah Belajar Semi Palar sudah dicoba dilakukan sejak awal berdirinya Rumah Belajar Semi Palar, namun belum begitu konsisten dalam pelaksanaannya. Pun dengan berbagai hal yang diupayakan, belum berhasil digulirkan secara berkesinambungan. Lihat posting di bawah ini (tahun 2012)

sulitnya mengolah sampah

 

Di TP 14 ini, tim OSIS SMP Smipa kembali mencoba menggulirkan kegiatan pemilahan sampah dengan melibatkan seluruh warga Rumah Belajar Semi Palar termasuk teman-teman di jenjang kecil seperti SD-1 dan 2. Untuk memulai rangkaian proses pemilahan sampah, tim OSIS Smipa mengadakan kegiatan nonton bareng mengenai “Sampah dan Efeknya Pada Bumi”, tujuannya agar mereka sadar bahwa sampah ini tidak bisa dianggap masalah sepele hingga muncul rasa empati terhadap bumi. Selain itu, kegiatan nonton bareng ini juga sebagai wadah untuk mensosialisasikan program kerja Divisi Kesehatan dan Lingkungan OSIS yaitu pembuatan ecobrick.

Acara NoBar ini di langsungkan pada tanggal 22 Maret bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia. Teman-teman SD diberikan edukasi tentang pentingnya menghemat air bagi bumi. Saat tim OSIS dari divisi kesehatan dan lingkungan presetasi di depan, teman-teman SD dan kakak-kakak tertarik dengan program kerja Ecobrick. Suasana semakin seru saat sesi pertanyaan berlangsung.

 

Semoga dengan digulirkannya kembali Gerakan Pilah Sampah dimulai dari NoBar mengenai “Sampah dan Efeknya Pada Bumi” ini dapat meningkatkan kesadaran kita tentang bahaya sampah plastik bagi bumi kita – dan kehidupan semua mahluk hidup di atas muka bumi ini. 

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.